Hai sobat blogger,,, nah untuk kali ini saya akan memposting cara bagaimana membuat RPP 2013 untuk kalian, saya akan memberikan gambaran ke kalian tentang bagai mana membuat RPP yang benar, ini menurutku sih.. hehehe...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran
(set Induction and
Closure)
Jenjang Sekolah : Kelas XI SMA/MA
Mata Pelajaran : Ekonomi
Jurusan / Semester : IPS / Semester II
Standar Kompetensi :
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati,
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong-royong,
kerjasama, toleran, damai), santun responsive, dan proaktif dalam menempatkan
diri sebagai cermin bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya
dan humaniora dengan wawasan kemanusaiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
4.
Mengelola,
menalar dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar :
1.
Memahami
arti sebuah kejujuran
dalam mempelajari materi informasi
akuntansi, serta mampu
menerapkannya didalam kehidupan sehari-hari.
2.
Menggambarkan informasi akuntasi didalam aktivitas bank sebagai implementasi dari kegiatan pengamatan dan
percobaan yang dilakukan secara individu maupun berkelompok.
3.
Mendeskripsikan tentang pengertian akuntasi,
mengidentifikasi penggunaan informasi akuntasi, mendiskripsikan sejarah
akuntasi, mengidentifikasi profesi akuntasi, mendiskripsikan bidang akuntasi,
mendiskripsikan konsepdasar akuntasi.
4.
Mendiskusikan materi informasi akuntansi yang telah diberikan secara
berkelompok.
Indikator :
1.
Memahami
arti sebuah kejujuran
dalam mempelajari informasi akuntasi.
2.
Membangkitkan
rasa ingin tahu
3.
Menunjukan
ketekunan, tanggung jawab dan rasa kepemimpinan (leadership) dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun
kelompok.
4.
Menjelaskan tentang pengertian akutansi.
5.
Menjelaskan
tentang
penggunaan informasi akuntasi.
6.
Menjelaskan
tentang
sejarah akuntasi.
7.
Menjelaskan tentang profesi akuntasi
8.
Menjelaskan tentang bidang akuntasi.
9.
Menjelaskan tentang konsepdasar akuntansi.
10.
Mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas menggunakan komunikasi tiga
arah.
Alokasi Waktu : 1 x 30 menit
Tujuan Pembelajaran :
1.
Diberikan
kesempatan mengamati materi informasi akuntansi,
siswa menghargai arti kejujuran dalam mepelajari informasi akuntansi.
2.
Diberikan
kesempatan menganalisa
informasi akuntansi melalui media (video pembelajara), dan Power Point (PPT), siswa menunjukan rasa ingin tahu (curiosity)
3.
Diberikan
kesempatan mendiskusikan materi informasi akuntansi
yang akan di
presentasikan dalam kelas,
siswa menunjukan rasa kepedulian melalui kelompok-kelompok kecil didalam
kelas.
4.
Siswa
menunjukan semangat, jujur dan tanggung
jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun kelompok.
5.
Diberikan
penjelasan
pengertian akuntansi, siswa dapat
memahami dan mengetahui penjelasan tantang pengertian akutansi.
6.
Diberikan
contoh
tentang penggunaan informasi akuntansi,
siswa dapat memahami tentang penggunaan informasi akuntansi.
7.
Diberikan
penjelasan tentang sejarah akuntansi,
siswa memahami dan mengetahui tentang bagaimana sejarah akuntansi.
8.
Diberikan
contoh
tentang profesi akuntasi,
siswa memahami
dan mengetahui tentang profesi akuntansi
9.
Diberikan penjelasan
tentang bidang akuntansi, siswa dapat memahami dan mengetahui tentang bidang
akuntansi.
10. Diberikan penjelasantentang konsepdasar akuntansi, siswa dapat memahami dan
mengetahui tentang konsepdasar akuntasi.
11. Siswa dapat mendiskusikan tentang informasi
akuntansi dan mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
Materi Pembelajaran :
1.
Pengertian Akuntansi.
2.
Penggunaan Informasi Akuntansi.
3.
Sejarah Akuntansi.
4.
Profesi Akuntansi.
5.
Bidang Akuntansi.
6.
Konsep Dasar Akuntansi
Keterampilan Mengajar : Membuka dan Menutup Pelajaran
yang dilatihkan (Set Induction and Closure)
Standar Kompetensi : memahami keterampilan membuka
dan menutup pelajaran sebagai bagian dari keterampilan dasar
mengajar yang harus dikuasai.
Kompetensi Dasar : menerapkan prinsip-prinsip
membuka dan menutup pelajaran
Tujuan Latihan :
1.
Memahami
konsep dan prinsip membuka dan menutup pelajaran
2.
Terampil
membuka dan menutup pelajaran
Materi Latihan :
1.
Prinsip
keterampilan membuka dan menutup pelajaran
2.
Komponen
keterampilan membuka dan menutup pelajaran
Alokasi Waktu : 10 menit
1)
Langkah-langkah:
Aspek
|
Indikator
|
Kinerja Praktikan
|
Aktivitas Siswa
|
Keterampilan
membuka pelajaran
|
Menarik
perhatian dengan cara:
·
Gaya
mengajar
·
Penataan
tempat duduk
·
Penggunaan
media
·
Pola
interaksi bervariasi
·
Variasi
pendekatan pembelajaran
|
Praktikan
menampilkan gaya mengajar yang tidak seperti biasanya, praktikan berdiri di
antara tempat duduk siswa agar suara praktikan lebih terdengar dan praktikan
menyampaikan beberapa pertanyaan sebagai bentuk apersepsi.
|
Siswa
memperhatikan praktikan ketika membuka pelajaran yang berbeda dari biasanya.
|
Praktikan
menyampaikan media pembelajaran yang sesuai dengan materi, praktikan materi
melalui media Power Point dan video pembelajaran (sumber: You Tube)
|
Siswa
mengamati materi informasi
akuntansi yang di sampaikan.
|
||
Praktikan mengkolaborasikan
beberapa pendeketan agar kelas menjadi aktif dan menyenangkan.
Contoh:
discussion
approach dikolaborasikan dengan pendekatan sosio-emosional
|
Siswa
menanggapi dengan antusias pengolahan kelas yang dilakukan praktikan
menggunakan beberapa pendekatan
|
||
Praktikan
menyerasikan pola interaksi, jika biasanya siswa duduk secara vertical, untuk
kali ini praktikan menginstruksikan untuk duduk secara horizontal untuk
memudahkan siswa berkomunikasi dengan siswa lain dan bertanya dengan
praktikan jika ada hal yang tidak dimengerti.
|
Siswa
memperhatikan petunjuk praktikan dan memperhatikannya.
|
||
Menimbulkan
motivasi dengan cara:
·
Menimbulkan
rasa ingin tahu
·
Mengemukakan
ide yang bertentangan.
|
Praktikan
menimbulkan rasa ingin tahu (motivasi)
siswa melalui sebuah argument yang mengatakan bahwa memahami informasi akuntansi sangat bermanfaat pada waktu siswa
terjun dalam dunia bisnis.
|
Siswa
mendengarkan argument praktikan dan menganalisa informasi akuntansi.
|
|
Praktikan
mengemukakan ide yang bertentangan, misalnya untuk menjadi seorang akuntan tidak boleh harus
memiliki keahlian dalam bidang akuntansi atau tidak mempunyai gelar akuntan.
|
Siswa
menyimak ide yang disampaikan praktikan dan berebut menanggapi ide tersebut.
|
||
Memberi
acuan mengemukakan tujuan dan memberikan batas-batas tugas yang harus
dikerjakan siswa
|
Praktiakan
mengemukakan tujuan pembelajaran dan batas-batas tugas yang harus dikerjakan.
Contoh:
“anak-anak
kali ini kita akan mempelajari materi baru yaitu informasi akuntansi,
setelah pelajaran ini selesai bapak harap kita semua mampu menganalisa tentang informasi akuntansi.
|
Siswa
menyimak penjelasan prkatikan dan menyatakan paham secara serentak ketika
ditanya praktikan tentang penjelasan pada awal tujuan pembelajaran
|
|
Praktikan
menjelaskan langkah-langkah yang akan dilakukan siswa.
Contoh:
Praktikan
meminta siswa mengamati penjelasan tentang materi informasi akuntansi,
melalui media power poin
(PPT).
|
Siswa
memperhatikan penjelasan materi
informasi akuntansi.
|
||
Praktikan
mengingatkan masalah pokok yang akan dibahas.
Contoh:
“Masalah
pokok yang kita hadapi dalam menganalisa informasi akuntansi adalah
bagaimana kita mampu memahami
informasi akuntansi ”
|
Siswa
memperhatikan masalah pokok yang disampaikan praktikan dan siswa melakukan
apa yang diminta praktikan.
|
||
Membuat
kaitan tentang aspek yang relevan
|
Praktikan
membuat kaitan atau hubungan diantara materi-materi pengalaman yang akan
dipelajari dengan pengalaman dan pengetahuan yang akan dikuasai siswa.
Contoh:
Praktikan
membuat kaitan tentang informasi
akuntansi.
|
Siswa
memperhatikan penjelasan praktikan
|
|
Meninjau kembali penguasaan inti
pelajaran
|
Praktikan meminta siswa untuk
merangkum inti pelajaran yang telah dipelajari secara kelompok.
Contoh:
“menganalisa informasi akuntansi, pengertian akuntansi, penggunaan
informasi akuntansi, sejarah akuntansi, profesi akuntansi, bidang akuntansi,
dan konsepdasar akuntansi.”
|
Siswa berkelompok sesuai kelompoknya
dan merangkum inti pelajaran yang telah dipelajari
|
|
Mengevaluasi
|
Praktikan menunjuk salah satu siswa
mempraktikan keterampilan.
Contoh:
Praktikan menunjuk salah satu siswa
melalui permainan plan of question
untuk menjawab soal yang telah dibuat praktikan mengenai informasi akuntansi.
|
Siswa mendemonstrasikan keterampilan
yang telah dikuasai dengan menjawab soal yang diberikan praktikan
|
|
Praktikan mengeksplorasi pendapat
siswa.
Contoh:
Praktikan meminta tanggapan siswa
tentang apa yang didemostrasikan temannya didepan kelas.
|
Siswa mengemukakan pendapat sesuai
dengan pemahamannya.
|
||
Membuat referensi / Transfer belajar
|
Praktikan memberi pengalaman dalam
menganalisa informasi
akuntansi.
Contoh:
“Setelah anak-anak mempelajari materi informasi akuntansi,
bapak minta anak-anak mampu
menganalisis informasi akuntansi
|
Siswa menerapkan cara menganalisis informasi akuntansi yang
telah dipelajari didalam projek diluar sekolah
|
|
Penilaian dan refleksi
|
Praktikan mendorong siswa dan
mengungkapkan apa yang telah dipelajari
|
Siswa menyimpulkan apa yang telah
dipelajari tentang informasi
akuntansi.
|
|
Praktikan melakukan penilaian dengan
alat yang sesuai dengan kompetensi dan kriteria yang jelas
|
Siswa mengerjakan tugas tes yang
diminta praktikan
|
||
Praktikan memberikan kesempatan kepada
siswa melakukan penialian diri sendiri (self
assessment) atau penilaian antar teman (peer assessment) dengan kriteria yang telah ditetapkan dalam
proses pembelajaran
|
Siswa menilai diri sendiri atau
menilai temannya setelah mengerjakan tugas yang diberikan oleh praktikan.
|
Mengetahui, Malang,
28 Desember 2013
Dosen
Pembimbing. Praktikan.
_______________________ _____________________
Dra.
Yulita Pujiharti, M.Kes Misbahul Ulum
Nah di atas adalah sebagian contoh RPP 2013 milik saya, jika ingin file yang lengkap dari saya kalian bisa mendownload KLIK DI SINI secara utuh. semoga bermanfaat. :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar