Senin, 12 Mei 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Hai sobat blogger,,, nah untuk kali ini saya akan memposting cara bagaimana membuat RPP 2013 untuk kalian, saya akan memberikan gambaran ke kalian tentang bagai mana membuat RPP yang benar, ini menurutku sih.. hehehe... 





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran
(set Induction and Closure)
Jenjang Sekolah                      : Kelas XI SMA/MA
Mata Pelajaran                        : Ekonomi
Jurusan / Semester                   : IPS / Semester II
Standar Kompetensi               :
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati, mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong-royong, kerjasama, toleran, damai), santun responsive, dan proaktif dalam menempatkan diri sebagai cermin bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusaiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengelola, menalar dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar                   :
1.      Memahami arti sebuah kejujuran dalam mempelajari materi informasi akuntansi, serta mampu menerapkannya didalam kehidupan sehari-hari.
2.      Menggambarkan informasi akuntasi didalam aktivitas bank sebagai implementasi dari kegiatan pengamatan dan percobaan yang dilakukan secara individu maupun berkelompok.
3.      Mendeskripsikan tentang pengertian akuntasi, mengidentifikasi penggunaan informasi akuntasi, mendiskripsikan sejarah akuntasi, mengidentifikasi profesi akuntasi, mendiskripsikan bidang akuntasi, mendiskripsikan konsepdasar akuntasi.
4.      Mendiskusikan materi informasi akuntansi yang telah diberikan secara berkelompok.

Indikator                     :
1.      Memahami arti sebuah kejujuran dalam mempelajari informasi akuntasi.
2.      Membangkitkan rasa ingin tahu
3.      Menunjukan ketekunan, tanggung jawab dan rasa kepemimpinan (leadership) dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun kelompok.
4.      Menjelaskan tentang pengertian akutansi.
5.      Menjelaskan tentang penggunaan informasi akuntasi.
6.      Menjelaskan tentang sejarah akuntasi.
7.      Menjelaskan tentang profesi akuntasi
8.      Menjelaskan tentang bidang akuntasi.
9.      Menjelaskan tentang konsepdasar akuntansi.
10.  Mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas menggunakan komunikasi tiga arah.

Alokasi Waktu                        : 1 x 30 menit
Tujuan Pembelajaran               :
1.      Diberikan kesempatan mengamati materi informasi akuntansi, siswa menghargai arti kejujuran dalam mepelajari informasi akuntansi.
2.      Diberikan kesempatan menganalisa informasi akuntansi melalui media (video pembelajara), dan Power Point (PPT), siswa menunjukan rasa ingin tahu (curiosity)
3.      Diberikan kesempatan mendiskusikan materi informasi akuntansi yang akan di presentasikan dalam kelas, siswa menunjukan rasa kepedulian melalui kelompok-kelompok kecil didalam kelas.
4.      Siswa menunjukan semangat, jujur dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun kelompok.
5.      Diberikan penjelasan pengertian akuntansi, siswa dapat memahami dan mengetahui penjelasan tantang pengertian akutansi.
6.      Diberikan contoh tentang penggunaan informasi akuntansi, siswa dapat memahami tentang penggunaan informasi akuntansi.
7.      Diberikan penjelasan tentang sejarah akuntansi, siswa memahami dan mengetahui tentang bagaimana sejarah akuntansi.
8.      Diberikan contoh tentang profesi akuntasi, siswa memahami dan mengetahui tentang profesi akuntansi
9.      Diberikan penjelasan tentang bidang akuntansi, siswa dapat memahami dan mengetahui tentang bidang akuntansi.
10.  Diberikan penjelasantentang konsepdasar akuntansi, siswa dapat memahami dan mengetahui tentang konsepdasar akuntasi.
11.  Siswa dapat mendiskusikan tentang informasi akuntansi dan mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.

Materi Pembelajaran               :
1.      Pengertian Akuntansi.
2.      Penggunaan Informasi Akuntansi.
3.      Sejarah Akuntansi.
4.      Profesi Akuntansi.
5.      Bidang Akuntansi.
6.      Konsep Dasar Akuntansi


Keterampilan Mengajar           : Membuka dan Menutup Pelajaran
yang dilatihkan                         (Set Induction and Closure)
Standar Kompetensi               : memahami keterampilan membuka dan menutup pelajaran                                                    sebagai bagian dari keterampilan dasar mengajar yang harus                                                             dikuasai.
Kompetensi Dasar                   : menerapkan prinsip-prinsip membuka dan menutup pelajaran
Tujuan Latihan                        :
1.      Memahami konsep dan prinsip membuka dan menutup pelajaran
2.      Terampil membuka dan menutup pelajaran
Materi Latihan                                    :
1.      Prinsip keterampilan membuka dan menutup pelajaran
2.      Komponen keterampilan membuka dan menutup pelajaran
Alokasi Waktu                        : 10 menit
1)      Langkah-langkah:

Aspek
Indikator
Kinerja Praktikan
Aktivitas Siswa
Keterampilan membuka pelajaran
Menarik perhatian dengan cara:
·         Gaya mengajar
·         Penataan tempat duduk
·         Penggunaan media
·         Pola interaksi bervariasi
·         Variasi pendekatan pembelajaran

Praktikan menampilkan gaya mengajar yang tidak seperti biasanya, praktikan berdiri di antara tempat duduk siswa agar suara praktikan lebih terdengar dan praktikan menyampaikan beberapa pertanyaan sebagai bentuk apersepsi.
Siswa memperhatikan praktikan ketika membuka pelajaran yang berbeda dari biasanya.






Praktikan menyampaikan media pembelajaran yang sesuai dengan materi, praktikan materi melalui media Power Point dan video pembelajaran (sumber: You Tube)
Siswa mengamati materi informasi akuntansi yang di sampaikan.
Praktikan mengkolaborasikan beberapa pendeketan agar kelas menjadi aktif dan menyenangkan.
Contoh:
discussion approach dikolaborasikan dengan pendekatan sosio-emosional
Siswa menanggapi dengan antusias pengolahan kelas yang dilakukan praktikan menggunakan beberapa pendekatan
Praktikan menyerasikan pola interaksi, jika biasanya siswa duduk secara vertical, untuk kali ini praktikan menginstruksikan untuk duduk secara horizontal untuk memudahkan siswa berkomunikasi dengan siswa lain dan bertanya dengan praktikan jika ada hal yang tidak dimengerti.

Siswa memperhatikan petunjuk praktikan dan memperhatikannya.


Menimbulkan motivasi dengan cara:
·         Menimbulkan rasa ingin tahu
·         Mengemukakan ide yang bertentangan.

Praktikan menimbulkan rasa ingin tahu (motivasi) siswa melalui sebuah argument yang mengatakan bahwa memahami informasi akuntansi sangat bermanfaat pada waktu siswa terjun dalam dunia bisnis.

Siswa mendengarkan argument praktikan dan menganalisa informasi akuntansi.
Praktikan mengemukakan ide yang bertentangan, misalnya untuk menjadi seorang akuntan tidak boleh harus memiliki keahlian dalam bidang akuntansi atau tidak mempunyai gelar akuntan.
Siswa menyimak ide yang disampaikan praktikan dan berebut menanggapi ide tersebut.
Memberi acuan mengemukakan tujuan dan memberikan batas-batas tugas yang harus dikerjakan siswa
Praktiakan mengemukakan tujuan pembelajaran dan batas-batas tugas yang harus dikerjakan.
Contoh:
“anak-anak kali ini kita akan mempelajari materi baru yaitu informasi akuntansi, setelah pelajaran ini selesai bapak harap kita semua mampu menganalisa tentang informasi akuntansi.
Siswa menyimak penjelasan prkatikan dan menyatakan paham secara serentak ketika ditanya praktikan tentang penjelasan pada awal tujuan pembelajaran


Praktikan menjelaskan langkah-langkah yang akan dilakukan siswa.
Contoh:
Praktikan meminta siswa mengamati penjelasan tentang materi informasi akuntansi, melalui media power poin (PPT).
Siswa memperhatikan penjelasan materi informasi akuntansi.
Praktikan mengingatkan masalah pokok yang akan dibahas.
Contoh:
“Masalah pokok yang kita hadapi dalam menganalisa informasi akuntansi adalah bagaimana kita mampu memahami informasi akuntansi
Siswa memperhatikan masalah pokok yang disampaikan praktikan dan siswa melakukan apa yang diminta praktikan.

Membuat kaitan tentang aspek yang relevan
Praktikan membuat kaitan atau hubungan diantara materi-materi pengalaman yang akan dipelajari dengan pengalaman dan pengetahuan yang akan dikuasai siswa.
Contoh:
Praktikan membuat kaitan tentang informasi akuntansi.
Siswa memperhatikan penjelasan praktikan

Meninjau kembali penguasaan inti pelajaran
Praktikan meminta siswa untuk merangkum inti pelajaran yang telah dipelajari secara kelompok.
Contoh:
menganalisa informasi akuntansi, pengertian akuntansi, penggunaan informasi akuntansi, sejarah akuntansi, profesi akuntansi, bidang akuntansi, dan konsepdasar akuntansi.
Siswa berkelompok sesuai kelompoknya dan merangkum inti pelajaran yang telah dipelajari
Mengevaluasi
Praktikan menunjuk salah satu siswa mempraktikan keterampilan.
Contoh:
Praktikan menunjuk salah satu siswa melalui permainan plan of question untuk menjawab soal yang telah dibuat praktikan mengenai informasi akuntansi.
Siswa mendemonstrasikan keterampilan yang telah dikuasai dengan menjawab soal yang diberikan praktikan
Praktikan mengeksplorasi pendapat siswa.
Contoh:
Praktikan meminta tanggapan siswa tentang apa yang didemostrasikan temannya didepan kelas.
Siswa mengemukakan pendapat sesuai dengan pemahamannya.

Membuat referensi / Transfer belajar
Praktikan memberi pengalaman dalam menganalisa informasi akuntansi.
Contoh:
“Setelah anak-anak mempelajari materi informasi akuntansi, bapak minta anak-anak mampu menganalisis informasi akuntansi
Siswa menerapkan cara menganalisis informasi akuntansi yang telah dipelajari didalam projek diluar sekolah


Penilaian dan refleksi
Praktikan mendorong siswa dan mengungkapkan apa yang telah dipelajari
Siswa menyimpulkan apa yang telah dipelajari tentang informasi akuntansi.


Praktikan melakukan penilaian dengan alat yang sesuai dengan kompetensi dan kriteria yang jelas
Siswa mengerjakan tugas tes yang diminta praktikan


Praktikan memberikan kesempatan kepada siswa melakukan penialian diri sendiri (self assessment) atau penilaian antar teman (peer assessment) dengan kriteria yang telah ditetapkan dalam proses pembelajaran

Siswa menilai diri sendiri atau menilai temannya setelah mengerjakan tugas yang diberikan oleh praktikan.








Mengetahui,                                                                                        Malang, 28 Desember 2013
Dosen Pembimbing.                                                                            Praktikan.


_______________________                                                              _____________________
Dra. Yulita Pujiharti, M.Kes                                                               Misbahul Ulum







Nah di atas adalah sebagian contoh RPP 2013 milik saya, jika ingin file yang lengkap dari saya kalian bisa mendownload KLIK DI SINI secara utuh. semoga bermanfaat. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar